Tugas :

Sekretariat secara umum mempunyai tugas membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas dalam melaksanakan pengelolaan kesekretariatan Dinas.

Fungsi :
  1. Pengkoordinasian penyusun rencana kegiatan dan merumuskan kebijakan teknis dalam menentukan sasaran kegiatan;
  2. Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan petunjuk teknis semua bidang;
  3. Mengkoordinasikan perumusan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis Penyusunan Raperda, Perbup, Keputusan Kepala Daerah dan SOP pemungutan Pajak dan Retribusi Daerah;
  4. Menyelenggarakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data rencana anggaran dan belanja semua bidang;
  5. Mengkoordinasikan semua bidang dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Menyelenggarakan urusan umum, surat-menyurat, perlengkapan dan rumah tangga, urusan hukum, Kepegawaian, gaji pegawai, monitoring dan pelaporan keuangan, tata naska dinas, organisasi dan tatalaksana serta pengembangan Pendapatan Asli Daerah;
  7. Menyelenggarakan pembinaan dan pelayanan naskah dinas, kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana serta perpustakaan badan;
  8. Mengiventarisasi, mengidentifikasi dan menyiapkan bahan pemecahan permasalahan di bidang tugasnya;
  9. Memberikan saran dan/atau pertimbangan kepada atasan mengenai langkah atau tindakan yang diambil sesuai bidang tugasnya;
  10. Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas