Panutan Pembayaran PBB-P2 Tahun 2018

Dalam rangka peningkatan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2), setiap tahunnya Bapenda Kaimana selalu mengadakan kegiatan Panutan Pembayaran PBB-P2. Kamis, 12 Juli 2018 menjadi tahun yang spesial karena dalam proses pembayarannya para Wajib Pajak sudah langsung dilayani dengan sistem online. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Badan Pendapatan Daerah Kab. Kaimana dan PT. Bank Papua Cabang Kaimana ini bertempat di Halaman Kantor Badan Pendapatan Daerah dan dihadiri oleh Bupati Kaimana, unsur Forpimda lainnya, para Kepala OPD serta para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat yang sekiranya dapat menjadi panutan dalam hal membayaran pajak.

Kegiatan yang juga disiarkan langsung oleh RRI Stasiun Kaimana ini dalam arahnnya Bupati Kaimana mengapresiasi kinerja Badan Pendapatan Daerah yang telah mejadikan pendekatan teknologi sebagai sarana pembayaran pajak dan retribusi daerah. Bupati Matias Mairuma juga menyampaikan bahwa dengan penerapan sistem online sudah tidak boleh ada lagi setoran yang mengendap di kantong para petugas pemungut. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dengan sistem online maka setoran yang dilakukan oleh Wajib Pajak dan Wajib Retribusi akan langsung masuk pada Rekening Kas Umum Daerah saat itu juga atau real time.

Setelah penyampaian arahan, Bupati Kaimana, Wakil Bupati, Dandim 1713 Kaimana, Wakapolres Kaimana, Ketua DPRD dan Ketua LMA Kaimana mengawali pembayaran PBB-P2 pada teller Bank Papua yang ada pada ruang pelayanan dan diikuti oleh para tamu undangan lainnya. Dalam kegiatan panutan Pembayaran PBB-P2 tahun 2018 ini tercatat sebanyak 397 NOP telah terbayar dengan total pembayaran sejumlah Rp. 71.299.423

Kegiatan Panutan Pembayaran PBB-P2 yang mengambil tema Penguatan Kerjasa Sama para Stakeholder Sehingga Terwujudnya Komitmen Bersama merupakan salah satu sasaran Bapenda guna terwujudnya peningkatan PAD Kab. Kaimana. Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab. Kaimana, La Bania, S.sos menyampaikan bahwa mengembangan layanan pembayaran online pajak dan retribusi akan terus dilakukan dengan menambah layanan perbankan seperti ATM dan SMS Banking. Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Bank Papua Cabang Kaimana Hengki Derek Wandosa bahwa pihaknya akan selalu mendukung Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah. (as)